INDONESIA  MERUPAKAN  DESTINASI WISATA YANG POTENSIAL


Indonesia negeri khatulistiwa, dengan memiliki garis panjang pantai 54.716 Km. Negeri yang memiliki kekayaan hayati luar biasa, aneka tumbuhan bunga yang sangat kaya ragamnya 10 % nya dari keaneka ragaman dunia ada di Indonesia, 12 % mamalia di atas  muka bumi ini hidup berkembang di wilayah sabang sampai merauke, 16 % spesies reptilia dari yang ada di dunia terdapat di Indonesia, 17 % jenis burung yang beterbangan terdapat di wilayah nusantara serta 25 % spesies ikan dan hewan laut terdapat di perairan nusantara. Belum lagi flora dan fauna langka juga banyak sekali di Indonesia, Tanaman Obat yang sangat kaya jenisnya terdapat di negeri 2 musim ini. Dunia sering menyebut bahwa Indonesia adalah "Negara Megabiodiversitas" atau negara yang yang kaya dan beragam flora, fauna dan biota lautnya.

Ragam Budaya dan tradisi yang hidup dan berkembang dari sekitar 1340 suku di Indonesia tentu saja menambah khasanah daya tarik kepariwisataan Indonesia. Indonesia yang dikenal dengan sebutan zamrud khatulistiwa atau negeri seribu candi ini mengundang perhatian dunia dan menarik untuk di datangi. Indonesia yang di kenal dengan wilayah 'ring of fire' karena merupakan tempat bertemuanya 2 lintasan gunung api muda yaitu sirkum meditrania dan sirkum pasifik, menjadikan  cerita tentang letusan dahsyat gunung api di Indonesia merupakan daya tarik bagi para adventurer dunia untuk berwisata ke Indonesia. 




Memperhatikan dari kondisi alam dengan segala kelebihan dan keistimewaannya yang diberikan Tuhan kepada kita warga negara Indonesia, selayaknya kita optimis menjadikan pariwisata sebagai tulang pungung perekonomian nasional, di tahun 2019 yang lalu pemerintah sangat optimis untuk bisa menembus 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, kemudian di turunkan menjadi 18 juta. Walaupun dalam kenyataannya jumlah tersebut belum dapat di capai, karena menurut data BPS untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia baru berkisar di angka 14,9 juta, ada kenaikan sekita 3,55 % di bandingkan dari tahun 2018 (sumber : Dkatadata.co.id, 16/1/2020, Penulis : Rizky Alika). 

Tahun 2020 target kunjungan wisata sedikit lebih rendah dari tahun 2019, yaitu diangka 17 juta. Harapannya adalah pada kualitas bukan pada kuantitas, yang artinya bahwa length of stay & spend of money para tourist lebih baik, sehingga angka devisa yang di dapatkan akan sesuai harapan, yaitu melebihi dari tahun 2019 yang mencapai 280 triliun rupiah. Tentu saja untuk meningkatkan kualitas dari destinasi  wisata,  diperlukan banyak hal yang di selesaikan dan di tingkatkan. Infrastruktur perlu diadakan, aspek physical evidence dari sebuah destinasi wisata perlu di berikan sentuhan estetika. Namun yang sering terlupakan dan diabaikan oleh kita semua adalah aspek high touch dari manusia yang memberikan layanan kepada para tamu, yang di dukung oleh high tech yang memudahkan dan memberikan value pada product atau tempat tamu berwisata.

Tidak ada satupun yang memungkiri bahwa negeri kita memiliki wisata alam yang sangat indah dan luar biasa, memiliki ragam buadaya yang sangat kaya yang akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk menikmati dan mendapatkan sebuah pengalaman perjalanan yang unik dan berkesan. Namun demikian banyak kendala para wisatawan untuk menikmatinya dengan leluasa seperti masalah transportasi, akomodasi, sanitasi, safety, security yang sering tidak terperhatikan. Padahal itu adalah modal dasar untuk membuat para wisatawan datang dan betah tinggal lebih lama di sebuah tempat wisata.




Perubahan trend atau style para tourist dalam melakukan perjalanan wisata harus bisa di antisipasi oleh Kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata dan para stake holder kepariwisataan. Saat ini dengan bayaknya fasilitas berwisata melalui bantuan digital dalam pelayanan untuk reservasi tiket pesawat dan hotel, layanan taxi on line, sangat memudahkan wisatawan untuk mengunjungi destinasi dimana yang dia suka. Informasi tentang fasilitas dan keindahan alam akan di dapatkan oleh konsumen tanpa lagi harus melihat brosur atau majalah. IG, FB, Twitter, You Tube menjadi sarana informasi yang efektif. Fasilitas google map sangat membantu para wisatawan berkunjung ke suatu tempat terpencil sekalipun. Namun demikian yang harus berhati-hati, adalah bahwa wisatawan juga dapat memberikan penilaian dan komentar baik atau buruk yang dia rasakan. Komentar tersebut merupakan pengalaman atau testimoni yang konsumen peroleh selama perjalanan wisata mereka. Menjadi sebuah tantangan dan komitmen semua stake holder kepariwisataan untuk berusaha agar para tamu bisa menyampaikan komentar yang positif di media sosial pribadi mereka, karena hal itu menjadi bagian dari promosi dalam bentuk words of mouth, itulah  powerful promotion tetapi murah. (DS-metschoo, Sat 04/04/20, 12.00)



Referensi :
Oppusunggu, Ojahan dan Susanta, PJ. Rahmat.2018. Tiga Pilar Kunci Sukses Bisnis Hotel.
     Jakarta. Property Academy
Alika, Rizky. 2020. Target Kunjungan Turis Asing Tahun Ini diturunkan jadi 17 juta.
     Jakarta. Dkatadata.co.id









Komentar

  1. Kita jadi sadar bahwa kita punya negara dan bangsa yang harus kita lindungi untuk warisan generasi selanjutnya.

    BalasHapus
  2. kita tau bahwa indonesia adalah negara yang memiliki wisata yang sangat indah dan memiliki banyak suku daerah. dengan begitu kita sebagai masyarakat indonesia harus melestarikan budaya dan menjaga wisata alam supaya banyak warga negara asing berkunjung ke indonesia untuk melihat kecantikan alam indonesia.

    BalasHapus
  3. Memang benar Indonesia merupakan salah satu Negara yang menarik untuk di kunjungi dari sektor pariwisata nya. Salah satu bagian dari produk pariwisatanya itu adalah MICE. MICE sendiri menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi negara Indonesia, mengapa demikian? Karena MICE memiliki 25% bagian dari salah satu wisata buatan di Indonesia. Lalu banyak juga wisata MICE di Indonesia yang sudah berlangsung sangat lama, contoh nya konferensi ASIA AFRIKA. Lalu kegiatan MICE yang sukses besar di selenggarakan di Indonesia belum lama ini adalah ASIAN GAMES 2018.Lalu MICE juga bukan hanya diuntungkan dari wisatawan luar, melainkan dari wisatawan lokal pula berpengaruh. Karena banyak nya meeting yang diselenggarakan di hotel-hotel di Indonesia. Itu pula menguntungkan bagi pariwisata. Untuk upaya-upaya yang harus dilakukan bagi kemajuan MICE di Indonesia :
    1. Memperbanyak kegiatan yang dapat menggiring wisatawan luar dalam skala besar masuk ke Indonesia. contohnya ASIAN GAMES
    2. Meningkatkan destinasi tiap daerah yang dapat menarik minat wisatawan.
    3. Memperbaiki fasilitas pendukung agar wisatawan tau bahwa wisata yang ia kunjungi aman dan nyaman sehingga words of mouth yang di berikan positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : aulia nurul s
      Npm : 18.02.087
      Prodi : perhotelan reguler smt 4

      Hapus
  4. Kita menjadi lebih sadar akan kekayaan indonesia yang sekarang dan kita sebagai rakyat indonesia patut bangga akan kekayaan indonesia yang sangat bervariasi flora,fauna,kebudayaan,bahasa dan masih banyak lagi, sebagai rakyat indonesia kita harus bekerja sama menjaga kelestarian alam kita sendiri. Agar banyak wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia untuk melihat indonesia yang cantik dan elok. Salam pariwisata

    BalasHapus
  5. Dengan segala kekayaan yang Negara Indonesia punya sangat sesuai jika Indonesia merupakan destinasi wisata yang potensial. Beraneka ragam budaya, bahasa, jenis hewan, tumbuhan, hingga flora dan fauna negara Indonesia jika kita kembangkan dan tetap kita jaga serta kita pelihara dengan baik akan menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia secara terus menerus. Dengan cuaca dan iklim yang mereka sukai akan dengan sangat mudah untuk menarik mancanegara masuk atau datang ke Indonesia. Akan tetapi industri MICE di Indonesia masih mengalami kendala untuk lebih maju dibandingkan negara ASEAN lainnya. Hal ini disebabkan menurut beberapa informasi, kalau dilihat dari segi kekayaan Indonesia ini sudah mampu namun yang jadi permasalahan Indonesia saat ini kurang aktifnya dalam partisipasi event-event asosiasi. Jadi kurang memiliki network (relasi). Salah satu upaya dalam peningkatan MICE di Indonesia yaitu harus adanya faktor bidding (mengajukan penawaran) yang belum kuat juga menjadi alasan mengapa Indonesia saat ini masih kalah dengan negara-negara tetangga. Berbagai upaya harus dilakukan termasuk menggalakkan bidding ( penawaran) untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional yang melibatkan 3000, 5000 bahkan hingga 10.000 peserta. Pengembangan dan penambahan jumlah acara di Indonesia menjadi salah satu solusi untuk mengurangi tekanan akibat efek negatif wabah virus corona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Thania Dwi Rachmadiany
      NPM: 17.03.004
      Prodi: Perjalanan Wisata/ Semester6

      Hapus
  6. Indonesia memiliki banyak sekali destinasi pariwisata , Berbagai ragam budaya di indonesia dan tradisinya menjadikan daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya indonesia juga terdapat ring of fire yaitu tempat bertemunya 2 lintasan gunung api muda yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik.Indonesia juga memiliki target 20 juta wisatawan ditahun 2019 lalu diturunkan jadi 18 juta wisatawan.Masih banyak daerah yang belum siap secara infrastuktur,akomodasi,serta sumber daya manusia yang profesional atau berkualitas baik.Yang sangat perlu untuk kemajuan MICE adalah Penguatan kelembagaan mice,peningkatan aksesbilitas,peningkatan infrastruktur,pengembangan SDM dan peningkatan kualitas layanan,penggunaan teknologi dan pengembangan konsep sustainability dalam penyelenggaraan kegiatan mice,membangun citra destinasi,menjaga dan mempertahankan keberagaman alam dan budaya serta daya tarik destinasi. Pariwisata MICE lebih menekankan pada kualitas wisatawan yang dapat menambah pundi devisa melalui Pariwisata Mancanegara dan Domestik yang akan melakukan kegiatan Rapat (Meeting), Perjalanan Dinas (Insentive), Konferensi (Conference), Pameran (Exibition) di Indonesia.Berbagai daerah berlomba-lomba mempromosikan keunggulan wisatanya masing-masing untuk upaya meningkatkan datangnya wisatawan , dalam menjalankannya pelayanan perlu ditingkatkan guna mendapatkan nilai plus dari berbagai wisatawan yg mengunjungi.

    BalasHapus
  7. Indonesia memiliki ragam budaya dan keanekaragaman alam yang indah sehingga potensi pariwisata yang dimiliki sangat besar. Walaupun pada tahun 2019 target kunjungan wisata tidak mencapai target, akan tetapi ada peningkatan dari 2018. Dalam meningkatkan MICE di Indonesia pemerintah dan penyedia jasa MICE harus bekerja sama dalam memenuhi keinginan wisatawan yang akan memakai jasanya. Dalam peningkatan MICE salah satunya betul seperti yang dikatakan diatas bahwa pemerintah dan pihak destinasi wisata harus lebih memperhatikan aksesbilitas, fasilitas, keamanan dan kebersihan didestinasi tersebut agar lebih terjamin, akan memberikan kepuasan kepada wisatawan dan dapat meningkatkan jasa MICE yang ada di Indonesia. Karena ada perubahan trend atau style wisatawan yang lebih menyukai alur pemesanan melalui digital. Pemerintah dengan penyedia jasa harus memiliki fasilitas bantuan digital yang mudah di akses, pembayaran mudah dalam pelayanan tiket transportasi darat/laut/udara, tempat penginapan, dan lain-lain yang dibutuhkan saat perjalanan. Lebih baik lagi jika memiliki website atau aplikasi tersendiri untuk wisatawan memberikan penilaian dan saran setelah melakukan perjalanan. Seperti yang dikatakan diatas bahwa menjadi sebuah tantangan dan komitmen semua stake holder kepariwisataan untuk berusaha agar para tamu bisa menyampaikan komentar yang positif di media sosial pribadi mereka, karena hal itu menjadi bagian dari promosi dalam bentuk words of mouth, itulah powerful promotion tetapi murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : Annisa Nur Rizki
      NPM : 17.03.001
      Prodi : Perjalanan Wisata

      Hapus
  8. sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki keaneka ragaman ras, suku? budaya, bahasa dan lain-lain maupun flora dan fauna. Jelas sekali keaneka ragaman ini dapat dijual dan bahkan dapan menjadi penghasil devisa negara terbesar bagi Indonesia. Kita tahu bahwa pemerintah sudah melakukan segala hal untuk mengembangkan sektor pariwisata dan memasarkannya di hadapan dunia, tetapi rata-rata yang pemerintah pasarkan kepada dunia adalah objek wisata yang sulit dijangkau bahkan bagi masyarakat Indonesia. Lalu apa yang terjadi dengan objek wisata yang indah nan mudah dicapai oleh masyarakat? yaa kita tau bahwa banyak objek wisata yang 'dirusak' oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Saya kira satu yang paling mendasar untuk merawat objek wisata adalah Pendidikan supaya masyarakat mengerti arti dari pariwisata yang mencakup seluruh dunia. Layaknya Bali yang sudah siap dengan kedatangan tamu dari seluruh dunia, tapi bagaimana dengan masyarakat lain yang memiliki pontensi besar di sektor pariwisata tetapi memiliki sikap yang seakan akan tidak menghargai alamnya sehingga membuat calon wisatawan menggagalkan rencananya untuk mengunjungi tempat tersebut? menurut saya, pemerintah harus lebih memperhatikan soal pendidikan pariwisata kepada masyarakat dan tidak hanya sibuk mengembangkan objek wisata dan mempresentasikanya di hadapan global.

    BalasHapus
  9. Nama: Hilman Caesar Hermawan
    NPM: 2017.03.014
    Program Studi: Perjalanan Wisata
    Semester: 6

    Indonesia adalah negeri khatulistiwa, negeri yang memiliki kekayaan hayati luar biasa, dunia sering menyebut bahwa Indonesia adalah "Negara Megabiodiversitas" atau negara yang yang kaya dan beragam flora, fauna dan biota lautnya. Indonesia yang dikenal dengan sebutan zamrud khatulistiwa atau negeri seribu candi ini mengundang perhatian dunia dan menarik untuk di datangi. Untuk mengupayakan peningkatan MICE di Indonesia ada 9 pilar strategi pengembangan destinasi MICE di Indonesia yaitu:

    Pilar 1: PENGUATAN KELEMBAGAAN MICE
    Pilar 2: PENINGKATAN AKSESIBILITAS
    Pilar 3: PENINGKATAN INFRASTRUKTUR
    Pilar 4: PENGEMBANGAN SDM DAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN
    Pilar 5: PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN PENGEMBANGAN KONSEP SUSTAINABILITY  DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN MICE
    Pilar 6: PENJAMIN SAFETY & SECURITY
    Pilar 7: PENGUATAN RISET DAN STATISTIK
    Pilar 8: MEMBANGUN CITRA DESTINASI
    Pilar 9: MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN KEBERAGAMAN ALAM DAN BUDAYA DAYA TARIK DESTINASI.
    Dari kesembilan pilar tersebut dapat disimpulkan bahwa seluruh pilar-pilar strategi pengembangan destinasi MICE di Indonesia sangat penting untuk dilalukan dan dikembangkan.

    BalasHapus
  10. Bisnis mice memberi kontribusi konkret dlm pembangunan ekonomi, antaralain berupa penerimaan cadangan devisa dlm wkt relatif singkat, sehingga menjadikan mice sdg sektor bisnis pariwisata d indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siti beva Putri N.
      1802044
      Hotel reg. Semester 4

      Hapus
  11. Berhubung dengan kekayaan alam indonesia sangat mendukung dalam peningkatan perkembangan dalam bidang pariwisata membantu pula peningkatan pendapatan devisa akan tercapai apabila rencana - rencana berjalan dengan baik akan mencapai pula harapan yang di inginkan. Maka dari itu di perlukanya banyak hal yang harus si selesaikan dan di tingkatkan maka di butuhkan pula kerja sama dalam berbagai bidang, mungkin perlu modal sangat banyak untuk mencapai itu semua mulai dari infrastruktur aspek physical evidence dari sebuah destinasi dan estetika tapi itu semua bisa kembali di wujudkan untuk mencapai titik impas tersebut itu tergantung sejauh dan sebaik apa kita bekerja mencapai semua itu. Mice adalah salah satu bidang yang mungkin dapat membantu pencapaian pencapaian yang dapat di realisasikan di karnakan bidang mice sangat produktif
    MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan: usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran. Merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Bisa kita lihat dari hal tersebut akan mendukung sekali untuk kemajuan pariwisata di indonesia apabila perkembangan MICE meningkat di karekannya MICE sangat minim sekali di Indonesia dan akan berpeluang besar apabila MICE betul betul bisa di manfaatkan dengan baik. Dari perkebangan budaya pun bisa kita tingkatkan misalnya seperti perkenalan budaya pada negara asing menciptakan suatu hal unik dan daya tarik masayarakat sekitar maupun dunia.Kegiatan MICE (Meeting, Incentive,Convention, Exhibition) saat ini sedang berkembang di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya event yang diselenggarakan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional. Mereka yang datang (delegasi) untuk menghadiri sebuah event membutuhkan berbagai macam fasilitas lain di luar kebutuhan event, misalkan fasilitas hiburan, belanja, kuliner, dan lain sebagainya.Wisatawan MICE, yang disebut juga dengan business traveler, memiliki beberapa kelebihan dibanding wisatawan biasa, di antaranya adalah sebagai opinion leader. Penilaian mereka tentang suatu wilayah yang melaksanakan sebuah konferensi dapat memberikan pengaruh bagi pihak lain. Turis MICE juga tergolong quality tourist karena mereka tinggal lebih lama dan lebih banyak menghabiskan uang daripada wisatawan biasa, bahkan ditengarai pengeluarannya tujuh kali lipat daripada wisatawan leisure. Mereka adalah sebuah aset yang berharga bagi industri pariwisata.Pasar dari industri MICE adalah pasar yang tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga dibanding pasar leisure, dan multiplier effect pada bidang ekonomi tidak diragukan lagi. Saat ini efek globalisasi juga telah memengaruhi tren persaingan pada industri ini yang sebelumnya persaingan antar-perusahaan, saat ini menjadi persaingan antar-destinasi.


    Krismiati kurniawan
    Perhotelan reguler semester 4
    18.020.20

    BalasHapus
  12. menurut saya , memang benar jika indonesia memiliki banyak kekayaan dari yang sudah terexplore sampai yang belum terexplore , masih banyak tempat tempat yang buat saya masi ada di indonesia yang memang orang jarang ketahui karna misal pembukaan lahan kesana kurang jadi susah dicapai oleh orang orang .. Banyak yang memang menjadi pr untuk pemerintah akhirnya untuk mengembangkan pariwisata MiCE ini apalagi sekarang belum tentu banyak tempat wisata bisa diakses pembelian ticket atau akses kesananya sudah tersedia online , agar bsa menaikan mice ini banyak yamg harus dipertimbangkan seperti yang pertama aksesbilitas ntah dari sifatny jalanannya bisakah menuju kesana dengan baik atau apa kita bisa pesan ticket kesana dengan mudah melalui online lalu tempatnya apakah aman dari ancaman karna kita tahu indonesia adalah salah satu alam tropis yang setidaknya masi terjaga yang otomatis banyak ancaman dari makhluk liar lalu ada juga kebersihannya apakah sudah terjamin atau mungkin masih belum bagus untuk dijadikan usaha pariwisata MICE..
    Jika semuanya itu sudah terlaksana barulah usaha MICE di indonesia bisa lebih berkembang lagi . Kuncinya 1 yaitu pengembangan wilayah ...

    Samuel Gilbert Tanujaya
    1802016
    Hotel reguler 4

    BalasHapus
  13. Dengan kekayaan yang Indonesia miliki saat ini dan kebudayan yang beragam sehingga memiliki potensi pariwisata yang sangat besar . Dalam meningkatkan MICE di Indonesia harus ada pendukung yang memenuhi permintaan wisatawan dan harus lebih memperhatikan fasilitas , aksesbilitas , keamanan , kenyamanan bagi wisatawan dan kebersihan agar wisatawan lebih terjamin sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

    NPM : 1703006
    Nama : Mosa Vahala T
    Prodi : UPW

    BalasHapus
  14. Reno rado tjitra
    Npm : 1802091
    class : hotel reguler semester IV

    Industri MICE yang di dalamnya terdapat bidang meeting, incentive, conference, and exhibition, menunjukkan trend yang menggembirakan. Berbagai acara meeting, incentive, conference, and exhibition yang berskala internasional yang telah diselenggarakan di Indonesia diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan produk- produk kreatif Indonesia. Berbagai jenis produk
    ekonomi kreatif yang dipamerkan diharapkan mendorong tumbuhnya pelaku kreatif sehingga dapat mampu mendukung ekonomi regional dan nasional. Kota-kota besar di Indonesia sebagai pusat indusri MICE berskala nasional maupun internasional dapat mendukung promosi dan penjualan produk-produk Indonesia. Penyelenggaraan berbagai kegiatan baik itu mega sport event; meeting, incentive, conference, exhibition (MICE); mega entertaintment event (live music event yang menjadi trend di dunia saat ini), festival dan lainnya akan mendorong tumbuhnya industri ikutan yang merupakan jagoan dalam urusan peraihan devisa, peningkatan citra, investasi, pengembangan usaha kecil, dan lainnya. Diantaranya adalah meeting/convention industry, sport industry, exhibition industry, music (live music/concert) industry, dan lainnya. Dengan kata lain, peluang pembangunan ekonomi akan semakin terbuka di masa mendatang, asal saja aspek ukuran, manajemen dan pemeliharaan berbagai venue itu terjaga dari waktu ke waktu. Dan banyak negara telah berjuang mati-matian saat ini untuk mengambil posisi dalam masing-masing industri itu. Ekonomi kreatif dapat berperan penting dalam upaya mengatasi krisis keuangan global. Ketika pertumbuhan ekonomi tengah melesu di kondisi krisis, ekonomi kreatif berbasis budaya dan pariwisata tetap dapat tumbuh positif.

    BalasHapus
  15. menurut saya untuk melakukan mice di indonesia sangat perlu dukungan dr masyarakat indonesia itu sendiri, karena tanpa kesadaran dr masyarakatnya akan sangat sulit bagi indonesia untuk memajukan pariwisata MICE di indonesia dengan tourist yang berkualitas. indonesian juga harus lebih sering aktif dalam acara2 yang menarik negara lain sepersi ASIAN GAMES dan akal lebih baik apabila diperbanyak dalam beragam bidang olahraga maupun yang lainnya. selain masyarakat nya fasilitas fasilitas yang di sediakan pun menurut saya harus lebih dibperhatikan lagi agar dapat menciptakan kenyamanan serta keamanan bagi para tourist yang datang. indonesia juga harus lebih "menjual" terhadap kekayaan yang di miliki oleh indonesia, masih banyak sekali tempat tempat indah yang belum terekspos di indonesia. terkahir indonesia harus memperketat rules bagi seluruh masyarakat maupun tourist agar kekayaan alam indonesia tetap terjaga dan terkendali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cynthia wijaya
      hotel reguler room
      1802094

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. bisnis MICE sangat layak dikembangkan di Indonesia karena memiliki berbagai keunggulan, tinggal di perbaiki atau di tambah beberapa aspek dari fasilitas perhotelan, gedung pertemuan, sarana dan prasarana transportasi, jaringan telekomunikasi dan ketersediaan berbagai jenis wisata termasuk kuliner dan kerajinan. Hal yag paing penting adalah menciptakan rasa aman untuk tinggal atau singgah ke Indonesia.Untuk itu, sinergi di antara para bisnis MICE dalam kegiatan promosi dan pemasaran serta kemitraan antara pemerintah dan swasta dalam pengembangan dan penyelenggaraan acara MICE, terutama untuk tingkat nasional, regional dan internasional untuk membangun daya saing dan keunggulan bersama.

    Syifa tul jannah aulia
    1802008
    Perhotelan reguler

    BalasHapus
  18. Nama : Icha Nur Afifah
    NPM : 18.02.078
    Kelas : Perhotelan Reguler (Room)

    Dengan banyaknya destinasi wisata yang potensial di indonesia ini memang menjadi salah satu upaya peningkatan MICE di indonesia. Karena peluang terbesar dari industri pariwisata yaitu wisatawan MICE yang datang dari berbagai mancanegara untuk berpartisipasi dalam acara acara berskala internasional yang diselenggarakan. Hal ini sangat berpengaruh pada pendapatan perekonomian indonesia yang semakin meningkat dari pariwisata. Selain itu juga dengan banyaknya ragam budaya dan keindahan alam indonesia menjadikan pemicu ketertarikan para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan seperti konferensi atau pameran yang berskala internasional. Penyelenggaraan acara MICE berskala internasional tentunya sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak bagi negara penyelenggara maupun wisatawan mancanegara. Dengan acara tersebut, negara secara tidak langsung telah mempromosikan atau memperkenalkan destinasi destinasi yang beragam sehingga keuntungan dari kegiatan MICE ini dapat memberikan citra destinasi bagi indonesia. Dalam upaya peningkatan MICE tersebut, negara harus memiliki keunggulan yang dapat dikembangkan yaitu fasilitas perhotelan atau sebagai salah satu tempat pertemuan dan peranan pemerintah dalam penyelenggaraan acara acara yang berskala internasional.

    BalasHapus
  19. Nama : Mariyatu Amaliah
    NPM : 17.03.012
    Prodi : Perjalanan Wisata semester 6

    Dari artikel tersebut, menurut saya bahwa pariwisata di Indonesia memang perlu adanya keseimbangan antara aspek pariwisata dan sumber daya manusianya, yang dimana hal tersebut akan membantu menyeimbangkan bahkan meningkatkan kualitas pariwisata yang sudah dimiliki negara Indonesia. Salah satu usaha yang dapat dilakukankan yaitu adanya kontribusi langsung dari pihak yang berkaitan, seperti penyedia jasa MICE akan memberdayakan tenaga kerja yang memang ahli dibidang pariwisata untuk mengelola suatu destinasi wisata yang dapat memberikan sebuah layanan yang layak dan sebagaimana mestinya kita memperlakukan para wisatawan dengan standar operasional yang sudah ada. Tidak hanya focus pada pengelolaan destinasi wisatanya saja, MICE pula akan memperluas jaringan dalam menarik minat wisatawan seperti di jaman yang serba canggih ini, pihak MICE akan melihat bagaimana upaya yang dapat dikerahkan seperti mempermudah wisatawan menjangkau destinasi yang di inginkannya, seperti meningkatkan aksesbilitas serta mempermudah wisatawan dalam mendapatkan tiket objek wisata,akomodasi, transportasi serta keperluan lainnya yang dibutuhkan dalam perjalanan wisatanya. Sehingga diharapkan dapat memberikan rasa kepuasan terhadap wisatawan yang sudah berkunjung, dan sebuah review yang baik dari para wisatawan akan menjadikan nilai lebih untuk destinasi wisata tersebut dan akan memberikan dampak positif pula terhadap pariwisata Indonesia. Sebuah pengalaman wisatawan yang dituangkan di media social mengenai kepuasannya terhadap destinasi yang dikunjungi serta pelayanan yang diberikan akan menjadi sebuah ajang promosi yang baik untuk pariwisata Indonesia.

    BalasHapus
  20. Siti Nuur Fadhillah
    1802054
    Perhotelan Reg

    Indonesia merupakan salah satu Negara yang menarik untuk di kunjungi dari sektor pariwisata nya. Salah satu bagian dari produk pariwisatanya itu adalah MICE. MICE sendiri menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi negara Indonesia,
    MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan: usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran. Merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama
    wisata yang potensial di indonesia ini memang menjadi salah satu upaya peningkatan MICE di indonesia
    Kegiatan MICE (Meeting, Incentive,Convention, Exhibition) saat ini sedang berkembang di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya event yang diselenggarakan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional

    BalasHapus
  21. indonesia kaya akan ragam dan budaya, indonesia memiliki pariwisata yang sangat luar biasa indahnya. industri MICE berpeluang menjadi andalan untuk meningkatkan devisa di sektor pariwisata pengeluaran bisnis rata-rata 3 kali lebih tinggi dari wisatawan biasa. Untuk itu, dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak untuk memajukan industri MICE agar memiliki daya saing yang kompetitif dengan negara-negara tetangga mengingat sudah sering diadakannya event berskala internasional di Indonesia. yang harus dilakukan dalam meningkatkan MICE di indonesia yaitu penguatan kelembagaan MICE, peningkatan aksebilitas, peningkatan infrasturuktur, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kualitas pelayanan, menjaga dan mempertahankan keberagaman alam dan budaya tarik destinasi, membangun citra destinasi, penguatan riset dan statistik, penjamin safety dan security, juga peran Pemerintah daerah dalam mem-promosikan wilayahnya agar menjadi destinasi. Pengembangan industri MICE ini bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai tujuan pariwisata yang aman, kerja sama antar daerah dan negara dalam memacu investasi dan juga agar wisatawan dalam maupun luar tahu bahwa indonesia kaya akan ragam budaya dan pariwisata yang indah.

    Nur Aini Ramadhianty
    1802040
    hotel reguler semester 4

    BalasHapus
  22. Jika masyarakat lokal bisa secara aktif berpartisipasi dalam pariwisata, hal tersebut bisa menjadi diferensiasi bagi setiap destinasi wisata di Indonesia. Masyarakat pun terlibat dalam peningkatan ekonomi daerah mereka.Bisa dikatakan bahwa sektor wisata adalah salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian daerah, maupun Indonesia
    Eki setiawan
    18.02.093
    Hotel reguler 4

    BalasHapus
  23. Nama : Tia Santika
    NPM : 17.03.024
    Program Studi : Perjalanan Wisata
    Semester 6


    Indonesia sebenarnya sangat kaya akan destinasi wisata yang potensial karena memiliki ragam budaya dan tradisi yang melekat. Hal itu menjadikan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Indonesia. Dalam hal ini pemerintah Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan dari luar untuk mengunjungi Indonesia. Pemerintah Indonesiapun optimis menjadikan pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian nasional namun pada kenyataannya pemerintah masih gagal dalam mencapai target yang ditentukan seperti pada tahun 2019, pemerintah menargetkan wisatawan yang datang ke Indonesia sebesar 20 juta namun target tersebut belum tercapai. Hal ini dikarenakan kurangnya insfratuktur sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya physical evidence, pelayanan yang belum memuaskan, sampai kurangnya dorongan pemerintah dalam menambah atau memperbaharui tekhnologi di destinasi wisata. Selain meningkatkan dan mengembangkan destinasi pariwasata, terdapat produk lain dari sektor pariwisata yaitu dalam bidang MICE. Produk MICE merupakan salah satu aset dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Namun, di Indonesia MICE masih kurang diperhatikan karena terdapat beberapa hal yang belum memadai seperti rendahnya awareness destinasi, kurangnya database MICE yang online dan komprehensif, dan terbatasnya kemudahan dan fasilitas pendukung kegiatan MICE. Untuk lebih mengembangkan MICE di Indonesia, harus terdapat campur tangan dari pemerintah agar lebih efektif dalam mempromosikan produk MICE di Indonesia.

    BalasHapus
  24. Fasya Auliya Salsabila
    1802045
    Perhotelan Reguler F&b

    Negara indonesia sudah banyak mendapatkan sebutan dari dunia. Hal itu dikarenakan kekayaan alam yang dimiliki, ragam suku,budaya serta tradisi yang menarik di indonesia.
    Maka dari itu, sudah seharusnya warga indonesia menjaga dan melestarikan apa yang sudah ada. Menjaga agar tidak rusak terus berkembang. Mengembangkan menjadi lebih baik lagi dengan banyaknya peluang yang ada. Dalam pariwisata terdapat bisnis MICE yang cukup banyak menghasilkan keuntungan bagi indonesia. Saat ini bisnis MICE sangat berpotensi hanya perlu melakukan peningkatan serta pengembangan dengan cara berikut :

    1. Peningkatan infrastruktur
    2. Pengembangan SDM dan peningkatan kualitas pelayanan
    3.Penjaminan safety & security
    4.Membangun citra destinasi
    5.Menjaga dan mempertahankan keberagaman alam dan budaya

    Dengan melakukan upaya peningkatan dan pengembangan tersebut diharapkan wisatawan akan banyak datang dan berkunjung untuk merasakan dan menikmati kekayaan alam,budaya,tradisi dan lainnya yang tentunya tidak akan di miliki oleh negara lain. Indonesia selain kaya akan alam dan indah juga iklim yang di miliki sangat cocok bagi wistawan asing yang akan datang. Sudah seharusnya menunjukkan betapa indah dan kaya nya indonesia kepada dunia.

    BalasHapus
  25. Nama : Wiranda Magdalena
    NPM : 1802073
    Kelas : Hotel Reguler (Room)

    Kita mengetahui Indonesia memiliki produk pariwisata yang memiliki daya jual tinggi dalam sektor pariwisata. Berkaitan dengan hal tersebut, maka MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) merupakan bagian dari kegiatan pariwisata Indonesi. Dengan begitu pula dapat mengenalkan ke arah internasional. Maka oleh itu pula dibutuhkan tenaga profesional untuk mengolah produk MICE tersebut. Memiliki tingkat kreativitas yang tinggi akan menjadi hal yang dapat menjual. Dengan kecanggihan teknologi pada jaman ini menjadikan media sosial salah satu alat pengenalan serta promosi wisata Indonesia. Membagikan gambar atau foto mengenai destinasi wisata atau bahkan acara besar yang diselenggarakan di Indonesia akan menjadi daya tarik tehadap wisatawan. Atau membagikan sebuah ulasan dari wisatawan di sosial media, maka akan menjadi pertimbangan yang baik juga untuk wisatawan lainnya yang hendak berkunjung. Harus adanya kontribusi antara pemerintahan pula untuk membantu menyelenggarakan akomodasi yang besfiat internasional. Dengan peran pemerintahan tersebut dapat membantu meningkatkan produk pariwisata serta kualitas standar MICE bagi Indonesia.

    BalasHapus
  26. menurut saya , memang benar jika indonesia memiliki banyak kekayaan dari yang sudah terexplore sampai yang belum terexplore , masih banyak tempat tempat yang buat saya masi ada di indonesia yang memang orang jarang ketahui karna misal pembukaan lahan kesana kurang jadi susah dicapai oleh orang orang .. Banyak yang memang menjadi pr untuk pemerintah akhirnya untuk mengembangkan pariwisata MiCE ini apalagi sekarang belum tentu banyak tempat wisata bisa diakses pembelian ticket atau akses kesananya sudah tersedia online , agar bsa menaikan mice ini banyak yang harus dipertimbangkan seperti yang pertama aksesbilitas ntah dari sifatny jalanannya bisakah menuju kesana dengan baik atau apa kita bisa pesan ticket kesana dengan mudah melalui online lalu tempatnya apakah aman dari ancaman karna kita tahu indonesia adalah salah satu alam tropis yang setidaknya masi terjaga yang otomatis banyak ancaman dari makhluk liar lalu ada juga kebersihannya apakah sudah terjamin atau mungkin masih belum bagus untuk dijadikan usaha pariwisata MICE..
    Jika semuanya itu sudah terlaksana barulah usaha MICE di indonesia bisa lebih berkembang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhamad Helmi Taufik Nasrullah
      Hotel Reguler smt 4
      1802067

      Hapus
  27. Reynaldo
    1802089
    Perhotelan Reguler sem 4

    Memang Inilah modal awal indonesia dengan keindahannya suatu negara hayati yang luar biasa. Terlihat bahwa berbagai macam ragam bahasa, budaya flora dan fauna. Inilah yang menjadi indonesia memiliki daya tarik tersendiri dan saya yakin sangatlah memungkinkan indonesia semakin maju dalam sektor pariwisata. Alam kita ada suatu bonus tapi tentu saja indonesia Perlu penigkatan infrastruktur dan fasilitas demi mencapai target dan Dengan kemajuan IPTEK mengucangkan dunia 180% dalam perubahan sektor pariwisata semakin mempermudah dan inilah kesempatan memperkenalkan negara indonesia dan produk indonesia dalam meningkatkan bisnis MICE dengan cara self powerfull promotion traveling dan connection dari berbagai belahan dunia melalui social media dan internet

    BalasHapus
  28. Nama : Moch. Yoga Pratama
    NPM :18.02.025
    Kelas : Hotel Reguler smtr 4

    Indonesia dengan kekayaan alam dan keanekaragaman suku dan budayanya menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. kekayaan yang dimiliki Indonesia dapat menjadi sumber penghasilan negara melalui sektor pariwisata. Industri MICE yang di dalamnya meliputi bidang meeting, incentive, conference, and exhibition, menunjukkan trend yang cukup baik. Berbagai acara meeting, incentive, conference, and exhibition yang berskala internasional yang telah diselenggarakan di Indonesia dapat menjadi media untuk mempromosikan produk- produk kreatif yang ada Indonesia. Dengan sering diselenggarakannya event besar di Indonesia, diharapkan MICE di Indonesia dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi, karna memiliki pengaruh besar dalam peningkatan devisa negara. diketahui turis MICE tergolong kedalam quality tourist, mereka tinggal lebih lama dan lebih banyak menghabiskan uang daripada wisatawan biasa, bahkan diketahui pengeluarannya tujuh kali lebih banyak daripada wisatawan leisure. Dalam meningkatkan MICE di Indonesia pemerintah dan penyedia jasa MICE harus bekerja sama dalam memenuhi keinginan wisatawan tersebut, dengan demikian MICE dapat berkembang dengan baik di Indonesia.

    BalasHapus
  29. Galih Permana Putra
    18.020.53
    Fasttrack Boga Sem 4
    Seperti yang dibahas pada thread diatas yang mana Indonesia memiliki 10% dari jenis keaneka ragaman bunga nya, saya Sebagai salah satu yang terjun di Bidang usaha Tanaman hias dan landscape merasa sangat diuntungkan dengan Keaneka ragaman tumbuhan di Negri kita ini , Dan kebetulan saya tinggal Di daerah Agrowisata Tanaman hias, dan seiring berkembang nya daerah agrowisata dan semakin meningkatnya pengungjung ke Daerah Agrowisata di tempat saya semakin banyak bermunculan usaha-usaha seperti penginapan, tempat rekreasi dan restoran yang membuat daerah Agrowisata di daerah saya semakin maju dan berkembang berkat bertambah lengkap nya fasilitas yang tersedia, dan membantu membangun Perekonomian masyarakat setempat ditambah , karena dengan semakin banyak nya pengunjung, semakin banyak tempat wisata, hotel dan restoran, maka Penyerapan tenaga kerja dapat lebih banyak. Mungkin Dengan perkembangan kedepan nya, Daerah saya bisa dijadikan sebagai tempat penyelenggaran MICE yang memiliki fasilitas lengkap, yang memenuhi standard internasional dan suatu saat dapat menjadi Daerah wisata yang maju dari segi fasilitas dan SDM nya

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Difa Nabila
    1802035
    Fastrack Perhotelan F&B


    Sehingga tidak dipungkiri industri MICE bagaikan industri masa kini yang banyak diminati oleh para pelakon bisnis. Aktivitas bisnis MICE sudah membuka lapangan kerja baru, tidak hanya menghasilkan tenaga kerja musiman saja, namun juga sudah menghasilkan pekerjaan yang tetap untuk banyak warga. Indonesia dengan daerah yang strategis dan mempunyai daya tarik tertentu untuk tumbuhnya industri MICE. Maka dari itu kegiatan wisata konvensi ini merupakan bagian dari kegiatan pariwisata, karena banyak sekali menggunakana fasilitas pariwisata dalam pelaksanaannya, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkarakteristik padat karya, memberikan kontribusi baik dari sisi penyediaan tenaga kerja maupun dalam memberikan devisa negara.

    BalasHapus
  32. Indonesia negara khatulistiwa, negara dengan sejuta keindahan dan cerita, negara dengan kisah bagaimana negri ibu pertiwi ini berkembang dan berkarya, flora dan fauna yang tidak ada habisnya, adat dan budaya yang tidak pernah lekang adanya.

    Indonesia negeri yang makmur, bagaimana semua makhluk hidup tumbuh subur, berpindah dan menetap untuk melanjutkan apa yang sudah diatur, menjadi negeri yang tidak akan pernah luntur.

    indonesia dengan sejuta keajaiban, alam yang indah nan nyaman, memadukan kasih sayang dan ketenangan, menjadikan indonesiaku sempurna dengan kekayaan.

    Donny Wijaya
    17.03.023 / smt 6
    Perjalanan Wisata

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Indonesia sebagai destinasi yang mulai
    diperhitungkan oleh pasar wisata MICE sebagai
    tujuan menarik. Sejumlah kegiatan besar dunia
    menjadi bukti kepercayaan masyarakat dunia
    untuk melakukan aktivitas MICE. Pertumbuhan
    ekonomi, stabilitas politik dan keamanan yang
    semakin membaik, menarik banyak investor lokal
    maupun asing tertarik berinvestasi di Indonesia baik
    sebagai penyelenggara ataupun sebagai peserta.

    M.Ikhlasul Ikhsan
    18.02.084
    Perhotelan Fast Track F&B
    Semester 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia, penting rasanya digalakkan pengembangan
      promosi dan pemasaran terpadu yang berkelanjutan.
      Sehingga diharapkan hal tersebut bakal berdampak
      langsung pada multiplayer effect, baik dari sisi
      ekonomi, perdagangan, industri, dan pencitraan di
      kancah nasional maupun internasional. Meeting,
      Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) memiliki
      peran sentral dalam mengembangkan objek yang
      diusungnya. Melalui destinasi MICE, beragam peluang
      untuk kebangkitan usaha kecil dan menengah akan
      dapat terus berkembang. Berbagai daerah telah
      menyediakan sarana dan prasarana dalam mendukung
      tumbuhnya idustri MICE, selain itu berbagai cara untuk
      mempromosikan daerahnya sebagai daerah tujuan
      MICE juga terus dilakukan. Pengembangan promosi
      dan pemasaran terpadu berkelanjutan dapat menarik
      para konsumen MICE baik dari dalam maupun luar
      negeri. Sebagai industri yang memiliki karakter
      multiplayer effect, MICE tentunya dapat meningkatkan
      taraf ekonomi masyarakat sekitar, karena dalam suatu
      event, seluruh stakeholder akan ikut terlibat. Selain itu,
      angka pengangguran juga akan bisa ditekan melalui
      industri MICE.

      Hapus
  35. kita tahu negara kita memiliki wisata yang indah dan memiliki banyak suku , dengan begitu kita harus melestarikan nya wisata alam. dan kita jadi sadar bahwa kita punya negara dan bangsa yang harus kita lindungi untuk warisan generasi selanjutnya agar generasi kita merasakan indahnya alam indonesia.
    industri MICE bagaikan industri masa kini yang banyak diminati oleh para pelakon bisnis. Aktivitas bisnis MICE sudah membuka lapangan kerja baru, tidak hanya menghasilkan tenaga kerja musiman saja, namun juga sudah menghasilkan pekerjaan yang tetap untuk banyak warga.




    Ilham Muhamad Karayana
    18.020.80
    Perhotelan Fast Track AKOM
    Semester 4

    BalasHapus
  36. Arina Mayang F
    18.02.032
    Perhotelan Regular smt 4

    Saat ini sektor wisata MICE sudah semakin populer di Indonesia, belum lagi karena berhasil nya event ASIAN GAMES 2018 di Indonesia. Namun MICE sendiri sudah ada di Indonesia sudah lama. Oleh karena itu semakin banyak wisatawan yang tertarik dengan pariwisata di Indonesia salah satunya MICE namun masih terbatasnya fasilitas pendukung membuat pemerintah harus memikirkan hal yang dapat menaikan daya tarik untuk wisata MICE ini.
    Menurut saya upaya yang harus dilakukan yaitu :
    1. Meningkatkan fasilitas pendukung MICE
    2. Peningkatan SDM
    3. Membuat event berskala internasional
    4. Membuat kebijakan yang mendukung kegiatan MICE

    BalasHapus
  37. Rizqi Fadlillah R
    18.02.083
    Hotel Reguler semester 4


    langkah strategis dalam pembangunan MICE di Indonesia antara lain dengan Pendekatan Co-Marketing dengan para pelaku industri. Pendekatan Komunitas, yaitu mendukung penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan oleh berbagai komunitas. Memanfaatkan prominent persons/public figures sebagai ‘Ambassador’ untuk mempromosikan MICE dan pariwisata Indonesia. Peran Pemerintah daerah dalam mem-promosikan wilayahnya agar menjadi destinasi para konsumen MICE perlu terus ditingkatkan. Pengembangan industri MICE ini bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai tujuan pariwisata yang aman, kerja sama antar daerah dan negara dalam memacu investasi.

    BalasHapus
  38. Nama:Dimas Satrio Wibowo
    Npm:16.03.001
    Progam: upw


    Indonesia adalah "Negara Megabiodiversitas" atau negara yang yang kaya dan beragam flora, fauna dan biota lautnya.

    Ragam Budaya dan tradisi yang hidup dan berkembang dari sekitar 1340 suku di Indonesia tentu saja menambahkhasanah daya tarik kepariwisataan Indonesia.MICE juga di dukung high tech yang memudahkan dan memberikan value pada product atau tempat tamu berwisata.

    BalasHapus
  39. Perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Confference and Exhibition) telah memberikan warna yang beragam terhadap jenis kegiatan industri jasa yang identik dengan pemberian pelayan/services. MICE merupakan bisnis yang memberikan kontribusi tinggi secara ekonomi terlebih bagi negara berkembang. Kualitas pelayanan yang diberikan mampu memberikan kepuasan kepada setiap peserta, industri MICE mampu memberikan keuntungan yang besar bagi para pelaku usaha di industri tersebut. Berkembangnya industri MICE sebagai industri baru yang bisa menguntungkan bagi banyak pihak, karena industri MICE ini merupakan industri yang kompleks dan melibatkan banyak pihak. Alasan inilah yang menjadikan tingkat pertumbuhan para pengusaha penyelenggara MICE bermunculan, sehingga tidak dipungkiri industri MICE sebagai industri masa kini yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis.
    Kegiatan bisnis MICE telah membuka lapangan kerja baru, tidak hanya menciptakan tenaga kerja musiman saja, tetapi juga telah menciptakan pekerjaan yang tetap bagi banyak masyarakat. Indonesia dengan wilayah yang strategis serta memiliki daya tarik tersendiri bagi warga negara asing, memberikan peluang bagi tumbuhnya industri MICE. Disisi lain krisis ekonomi yang menimpa negara-negara maju juga turut mempengaruhi bagi pasar MICE untuk memindahkan kegiatan MICE-nya di Indonesia.


    Nama : Martha Aulia Al Banjari
    Perhotelan Reguler semester 6
    17.02.094

    BalasHapus
  40. Dendy ramdhani
    1802081
    Fast track perhotelan Smt 4

    kita tau bahwa indonesia adalah negara yang memiliki wisata yang sangat indah dan memiliki banyak suku daerah.Maka dari itu indonesia sangat rentan di kunjungi oleh warga asing di karena kan sangat lah banyak keindahan yang ada di indonesia, dari mulai budaya, wisata keluarga dan wisata bisnis. Di berbagai daerah pasti memiliki keunikan masing-masing, indonesia sangat kaya akan budaya. Sangat lah tidak aneh jika medengar warga asing banyak yang berlibur ke indonesia.

    BalasHapus
  41. Menurut saya, memang pantas negara Indonesia ini di jadikan sebagai salah satu negara yg memiliki potensi wisata MICE sangat besar atau pesat khususnya dalam bidang sektor dunia pariwisata. Karena Indonesia memiliki venue atau tempat yang menarik ataupun istimewa yang sangat banyak terdapat di indonesia seperti Yogyakarta, Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Manado, dan Bali. Indonesia berpotensi sangat besar untuk merajai wisata MICE si Asia Tenggara. Wisata Mice sendiri pun merupakan salah satu kegiatan yang dapat mendatangkan wisatawan tujuh kali lipat lebih besar daripada wisata convensional dalam sekali event. Tetapi, hanya saja venue-venue dan event-event di indonesia belum dioptimalkan. Artinya promosi kita di indonesia harus lebih ditingkatkan dan diperbaharui agar potensi wisata mice di indonesia menjadi lebih maju dan berkembang,yang nantinya dapat lebih bersaing ketat dengan negara lainya. Adapun upaya-upaya yang harus kuta lakukan agar dapat meningkatkan potensi wisata mice antara lain :
    1. Melakukan perbaikan sarana dan prasarana tempat pariwisata
    2. Meningkatkan kemudahan akses untuk menuju tempat pariwisata
    3. Melakukan promosi atau iklan
    4. Dengan lebih membangun fasilitas tempat wisata yang lebih memadai atau layak contohnya hotel
    5. Peningkatan pengamanan harus lebih ketat
    6. Fasilitas kendaraan harus lengkap

    BalasHapus
  42. Indonesia memiliki banyak sekali ragam budaya, berhubung dengan kekayaan alam indonesia sangat mendukung dalam peningkatan perkembangan dalam bidang pariwisata membantu pula peningkatan pendapatan devisa akan tercapai apabila rencana - rencana berjalan dengan baik akan mencapai pula harapan yang di inginkan. Maka dari itu di perlukanya banyak hal yang harus si selesaikan dan di tingkatkan maka di butuhkan pula kerja sama dalam berbagai bidang, mungkin perlu modal sangat banyak untuk mencapai itu semua mulai dari infrastruktur aspek physical evidence dari sebuah destinasi dan estetika tapi itu semua bisa kembali di wujudkan untuk mencapai titik impas tersebut itu tergantung sejauh dan sebaik apa kita bekerja mencapai semua itu.

    Zetha Putri A
    18.02.019
    Perhotelan Reguler smt 4

    BalasHapus
  43. Metha Alfiannisa
    1802066
    Hotel Reguler Semester 4

    Negara indonesia yang sangat luas ini memiliki potensi dan peluang untuk mengembangkan bisnis MICE Tetapi MICE di indonesia masih mengalami kendala tidak sama seperti di negara lain maka dari itu potensi bisnis MICE lebih di utamakan di bidang pariwisata karna indonesia yang luas ini membangun tempat pariwisata seperti laut, gunung, atau pun tempat wisata agar menambah daya tarik wisata di indonesia beragam budaya, bahasa, agama, hingga flora fauna dan banyak lagi sektor patiwisata dan salah satu produk pariwisata adalah MICE. Ada pun ke istimewaan indonesia adalah indonesia di kenal dengan wilayah ring of fire karna tempat bertemunya 2 lintasan gunung api muda yaitu sirkum meditrania dan sirkum pasifik yang menceritakan tentang letusan gunung api yang dahsyat

    BalasHapus
  44. Bertha Angelina Tampubolon
    18.02.085
    Perhotelan Reguler Sem 4

    MICE (Meeting,Incentive,Convention, Exhibition) merupakan jenis kegiatan dalam industri pariwisata. Dunia MICE adalah dunia bisnis yang menjanjikan masyarakat karena belum banyak peminat seperti bisnis yang lainnya.
    Di indonesia perkembangan pariwisata sudah mencapai apresiasi atau pencapaian dari dunia internasional. Pertumbuhan ekonomi,stabilitas politik dan keamanan yang baik serta menarik sektor MICE menjadi indikator kuat perkembangan ekonomi suatu bangsa,dan membutuhkan perangkat keras infrastruktur fisik, dan perangkat lunak Sumber Daya Manusia yang sangat ahli dan memfasilitas pelayanan dengan kualitas yang bagus.
    Keindahan alam dari berbagai destinasi pariwisata sangatlah berpotensi terhadap industri MICE. Dari berbagai jenis suku dan budaya, masyarakat seharusnya bisa memanfaatkan kekayaan alam agar MICE bisa berkembang dengan baik dan tidak tertinggal dari negara-negara lainnya.
    Dengan cara merawat dan melestarikan wisata di daerah masing-masing serta meningkatkan perkembangan promosi dan pemasaran pariwisata agar pengunjung dari dalam maupun luar negeri tertarik terhadap wisata alam Indonesia.


    BalasHapus
  45. Nama : Ali Mustofa
    Npm : 18.02.049
    Kelas : perhotelan reguler semester 4 (f&b)


    Dengan keanekaragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keanekaragaman jenis suku dan budaya itulah wisata Indonesia bisa menjadi sektor pariwisata yang menjanjikan, contohnya adalah industri MICE. Industri MICE berpeluang untuk bisa meningkatkan devisa Indonesia disektor pariwisata dengan dukungan pemerintah terutama dalam meningkatkan sarana transportasi, akomodasi, sanitasi, safety dan security agar wisatawan lokal maupun mancanegara terkesan dengan apa yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi favorit untuk berwisata. Jika semua itu sudah terlaksana usaha industri MICE akan berkembang lebih baik

    BalasHapus
  46. Naufal nurihsan prawira
    18.02.046
    Hotel reguler 18

    Indonesia memiliki banyak sekali destinasi pariwisata , Berbagai ragam budaya di indonesia dan tradisinya menjadikan daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya indonesia juga terdapat ring of fire yaitu tempat bertemunya 2 lintasan gunung api muda yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik.Indonesia juga memiliki target 20 juta wisatawan ditahun 2019 lalu diturunkan jadi 18 juta wisatawan.Masih banyak daerah yang belum siap secara infrastuktur,akomodasi,serta sumber daya manusia yang profesional atau berkualitas baik.Yang sangat perlu untuk kemajuan MICE adalah Penguatan kelembagaan mice,peningkatan aksesbilitas,peningkatan infrastruktur,pengembangan SDM dan peningkatan kualitas layanan,penggunaan teknologi dan pengembangan konsep sustainability dalam penyelenggaraan kegiatan mice,membangun citra destinasi,menjaga dan mempertahankan keberagaman alam dan budaya serta daya tarik destinasi.

    BalasHapus
  47. NAMA: Dandy aditya prayoga
    NPM: 17.03.004
    PRODI: Perjalanan wisata semester 6

    Menurut pendapat saya indonesia adalah tempat destinasi yang sangat indah mulai dari titik awal aceh hingga titik akhir papua, adat sangat banyak, alamnya begitu mangagumkan, beberapa pulaunya masih terjaga, dan berbagai macam keragaman budaya. Bahkan tidak sedikit orang asing yang memuji indahnya alam Indonesia dan mereka sangat bangga dapat menghabiskan waktu liburan di Indonesia lalu untuk industri MICE sangat terdukung dengan pasar destinasi banyak diminati oleh wisatawan. Kita patut bersyukur menjadi warga negara indonesia bahkan dari adat, budaya, tradisi, kuliner, dan bahasa tiap daerah banyak sekali. Lalu untuk flora dan faunanya harus kita lindungi bahwa keberadaan meraka masih ada jaga juga alam kita supaya tetep terjaga kelestariannya dan untuk budaya kita harus memperkenalkan di mata dunia kalian harus bangga tinggal indonesia adalah sugar alam di dunia.

    BalasHapus
  48. Annisa Febridianti Permana
    18.02.009
    Fast Track Perhotelan Room Semester IV


    Menurut saya, Indonesia adalah negeri yang sangat kaya. Kaya akan sumber daya alam hayati dan non hayati serta keberagaman flora dan fauna yang langka terdapat di Indonesia, sehingga hal tersebut menjadi daya tarik wisata. Hingga dunia pun menyebutnya "Negara Megabiodiversitas" atau negara yang yang kaya dan beragam flora, fauna dan biota lautnya. Ragam Budaya dan tradisi yang hidup dan berkembang dari berbagai suku di Indonesia tentu saja menambah daya tarik kepariwisataan Indonesia. Banyak sekali keindahan alam yang bisa didapatkan para wisatawan domestic maupun mancanegara di Indonesia, tetapi hal tersebut tentunya harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai agar para wisatawan betah untuk berlama – lama di negeri tercinta ini. Seperti fasilitas akomodasi, transportasi, sanitasi, security. Selain itu, perkembangan industry MICE telah memberikan warna yang beragam terhadap jenis kegiatan industri jasa yang identik dengan pemberian pelayan/services. MICE merupakan bisnis yang memberikan kontribusi tinggi secara ekonomi terlebih bagi negara berkembang. Kualitas pelayanan yang diberikan mampu memberikan kepuasan kepada setiap peserta, maka dari itu menurut saya pelayanan sangatlah penting karena apabila kita memberikan pelayanan yang baik dan para peserta MICE menyukai nya itu juga akan membuat nilai tambah untuk pariwisata di Indonesia. Industri MICE memegang peranan penting untuk memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha di industry tersebut dikarenakan industri MICE ini merupakan industri yang kompleks dan melibatkan banyak pihak, oleh karena itu industry MICE ini diminati oleh para pelaku bisnis. Selain membuka lapangan kerja, industry MICE ini menciptakan pekerjaan yang tetap bagi masyarakat setempat, MICE juga bisa dijadikan alternative untuk mendongkrak belanja turis yang mengalami penurunan karena dengan adanya system MICE tentunya para turis tertarik untuk membeli cinderamata khas setempat untuk dijadikan oleh – oleh.

    BalasHapus
  49. indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan di setiap daerahnya serta disetiap daerahnya memiliki ciri khas nya masing masing. maka dari itu, indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk mampu mengadakan event-event besar berskala internasional. salah satunya ialah pameran kebudayaan di setiap daerah contohnya yang sudah berjalan ialah Jember fashion carnaval dan lainnya. selain pameran kebudayaan kita juga mampu mengadakan exhibition tentang budaya nasional yang juga bisa sebagai wadah penjualan atau promosi budaya indonesia dan bisa meningkatkan pemasukan negara melalui kegiatan-kegiatan seperti itu yang berskala internasional. selain mengadakan acara pameran dan lain-lain kita juga sangat memiliki potensi besar sebagai tempat meeting meeting sebuah perusahaan atau pemerintahan tingkat internasional yang dilakukan di hotel hotel atau resort yang memiliki potensi serta fasilitas yang memadai. dan untuk saat ini juga kita sudah memiliki banyak tempat atau lokasi meeting yang memadai untuk dilakukannya meeting berskala internasional dan juga menyuguhkan keindahan alam nusantara dan hal ini juga mampu meningkatkan pemasukan negara dari bidang pariwisata khususnya MICE.

    Rifqy Ridwan Riasyah
    18.02.061
    perhitelan reguler snt 4

    BalasHapus
  50. Andra Adhitama Nugraha
    18.02.075
    Perhotelan Reguler Semester 4

    Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam keberagaman suku, Bahasa, agama, dan makhluk hidupnya. Itu merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa yang patut kita syukuri. Dengan kebergaman tersebut diharapkan menjadikan Indonesia negara yang maju dalam bidang pariwisata maupun industri terkait dengan pariwisata. Banyak sekali warga negara Indonesia yang menggantungkan hidupnya di kepariwisataan, tentu itu menjadi suatu hal yang patut disyukuri. Salah satu nya MICE yang ada di dalam bidang pariwisata. Sebagai salah satu media pelaksanaan MICE, perhotelan juga salah satu penunjang keberhasilan bidang pariwisata. Dengan keberhasilan perhotelan menjalankan bisnis MICE ada keuntungan dari segi devisa yang akan mendatangkan banyak sekali uang. Begitu pun dengan tamu pribumi maupun mancanegara akan mendapatkan pengalaman yang lebih jika dilayani dengan baik. Karena pengalaman tersebut para tamu tersebut akan memberi tahu rekannya untuk mengunjungi hotel atau media bisnis MICE tersebut. Banyak sekali keuntungan yang diambil dari kedatangan turis mancanegara dan pribumi bagi pelaksana bisnis MICE, salah satunya bagi hotel.

    BalasHapus
  51. Menurut saya, MICE merupakan salah satu peran penting bagi pariwisata di indonesia juga di dunia. Indonesia memiliki beragam flora dan fauna yg menjadikan ciri khas pariwisata di indonesia. Banyak para wisatawan dtg ke indonesia hanya untuk menikmati alam yang sangat kayak ini. Skg tinggal aspek dr manusia nya saja yg perlu ditingkatkan, pelayanan dr manusia nya itu sendiri yang bisa menciptakan kenyamanan dan kesenangan bagi para wisatawan. Jika kita hanya mengandalkan high tech untuk melayani para wisatawan maka para wisatawan tdk akan ada rasa senang atau berkesan jika berkunjung ke indonesia. Maka dari itu menurut saya peran paling penting untuk membuat tamu senang nyaman dan membuat para wisatawan kembali lagi ke indonesia adalah pelayanan dr manusia nya itu sendiri. Terimakasih

    Nama : Citra Herliana
    Perhotelan reguler'18
    Npm : 18.02.043

    BalasHapus
  52. Novania Gracia Ibrena
    18.02.048
    Fasttrack Perhotelan sem 4

    Menurut saya, pengembangan pemasaran pariwisata harus sangat di tingkatkan. Mengapa? Karena wisatawan MICE memiliki kelebihan dibanding wisatawan biasa, yaitu mereka umumnya adalah "opinion leader" yang berasal dari kalangan pengusaha, profesional maupun pemerintahan, yang melakuakn kegiataan pada saat low season yang tentunya sangat menguntungkan bagi pariwisata indonesia dan sangat berpengaruh terhadap devisa yang masuk ke Negara.
    Nah, kita sebagai calon stake holder dalam bidang kepariwisataan harus bisa memanfaatkan potensi alam dan sumber daya yang ada di indonesia. Yang sifatnya sama - sama menguntungkan kedua belah pihak. Seperti thread diatas, kita memiliki Daya Tarik Wisata yang sangat tinggi, keragaman budaya, bahasa, suku , tempat wisata, flora,fauna dan tentunya kekayaan bahari yang sangat melimpah yang tidak dimiliki oleh negara lain.
    Jadi upaya yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis MICE di Indonesia, diantaranya:
    a. meningkatkan & memperbaiki fasilitas tempat wisata.
    b. meningkatkan relasi antar negara yang tentunya berujung pada banyaknya kerjasama yang ditawarkan. Jika banyak relasi, semakin banyak event internasional yang diikuti Indonesia.
    c. selalu membuat citra baik terhadap wisatawan, agar "words of mouth" yang diberikan positif bukan kearah yang negatif. Terimakasih🙏

    BalasHapus
  53. Nama : Ariq Fiqri Irawan
    NPM : 18.02.057
    FastTrack Perhotelan 2018 (SMT 4)

    Menurut saya,Indonesia memang negara yang memiliki kekayaan yang luar biasa.Dari beraneka ragam nya ras, suku, budaya dan bahasa,serta kekayaan alam flora dan fauna yang indah, Hal ini lah yang harus kita pertahankan dan dikembangkan dengan baik,Karena hal ini lah yang dapat kita (jual) kepada wisatawan mancanegara untuk berwisata ke negara kita sehingga negara dapat menghasilkan devisa yang cukup besar dari industri pariwisata.Namun seluruh itu memerlukan pengelolaan yang sangat baik dan juga tetap menjaga kekayaan negara kita agar tidak terpengaruh dan rusak oleh budaya luar, Karena hal itulah identitas negara kita yang harus kita pertahankan sebagai keunikan yang dapat kita jual ke wisatawan mancanegara.Dengan seluruh hal tersebut saya yakin industri pariwisata kita akan terus maju dan menarik wisatawan dari mancanegara maupun lokal,Dan hal ini juga sangat mendukung untuk meningkatkan bisnis MICE di indonesia akan tetapi untuk meningkatan bisnis MICE tersebut kita harus meningkatkan dan memenuhi keinginan pasar seperti :
    1.Fasilitas
    Dengan memberikan fasilitas yang baik pada pelaksanaan MICE dapat membuat konsumen merasa nyaman untuk tinggal lebih lama,Maka dari itu kita harus meningkatkan Kualitas fasilitas dengan standar internasional,Resort dengan standar internasional dan memberikan tempat hiburan yang menarik
    2.Infrastruktur
    Selain fasilitas yang baik kita juga harus memberikan infrastruktur yang baik juga seperti memberikan venue meeting dan conference dengan standar internasional dengan jumlah yang besar dan memadai untuk mengadakan event internasional serta terintegrasi dari hotel dan tempat hiburan dan juga mudah diakses dari bandara internasional.
    3.Bahasa
    Bahasa juga sangat penting untuk mendukung peningkatan bisnis MICE,oleh karena itu para penyelenggara dan staff yang terlibat dengan kegiatan MICE harus menguasai berbagai bahasa asing.
    4.Kemudahan Akses
    Daerah destinasi MICE pun harus mudah di akses baik dari darat,laut maupun udara.
    5.Keamanan
    Keamanan juga merupakan hal terpenting dalam peningkatan MICE,Semua konsumen MICE harus mendapat jaminan keamanan saat melakukan kegiatan MICE,seluruh kegiatan harus diawasi dengan pengamanan yang ketat
    6.Harga
    Dari seluruh hal diatas hal ini lah yang paling penting,Kita harus memberikan harga yang bersaing namun kita juga memberikan seluruh hal diatas dengan kualitas standar internasional.
    Setelah meningkatkan seluruh hal tersebut dan juga meningkatkan kualitas SDM Kita juga harus dapat mengemas MICE itu dengan memberikan keberagaman dan keunikan negara indonesia. Dengan itu semua saya yakin indonesia dapat menarik wisatawan MICE yang lebih banyak sehingga dapat menghasilkan devisa negara yang lebih besar.

    BalasHapus
  54. Wildan Rifaldi
    181.02.022 (Room)
    Hotel Reguler Semester 4

    Indonesia merupakan negara seribu pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke dengan sector pariwisata yang menjadi tumpuan ekonommi dengan cara mendatangkan berbagai turis dari mancanegara maupun pribumi guna menanmbah devisa negara. Salah satu yang terdampak oleh kedatangan turis mancanegara maupun pribumi diantara lain adalah, pengusaha kelas besar, pengusaha kelas menengah maupun pengusaha kelas kecil. Dampak dari kedatangan turis tersebbut untuk pengusaha kecil yaitu mereka mendapatkan hasil dari berbagai macam penjualan barang maupun jasa. Sedangkan pengusaha untuk kelas besar dampaknya yauitu meningkatnya kunjungan tamu salah satunya ke hotel. Dengan banyaknya kunjungan tamu tersebut, dapat di manfaatkan untuk menjalankan bisnis MICE. Dengan terkenalnya budaya Indonesia yaitu keramah tamahan dan dipadukan dengan berbagai macam teknologi yang ada diharapkan para tamu memiliki pengalaman yang bagus untuk hotel tersebut. Dengan adanya MICE tentu pariwisata Indonesia akan berkembang pesat dan memenuhi target pemerintah untuk kunjungan wisatawan manca negara ke Indosea dan sudah pasti akan meningkatkan devisa negara.

    BalasHapus
  55. Devi septiani
    18.02.033
    Hotel reguler semester 4

    Menurut saya,MICE (Meeting, Incentive, Confference and Exhibition) sudah memberikan warna yang bermacam- macam terhadap jenis aktivitas industri jasa yang identik dengan pemberian pelayan/ services. MICE merupakan bisnis yang memberikan kontribusi besar secara ekonomi terlebih untuk negeri berkembang. Kualitas pelayanan yang diberikan sanggup memberikan kepuasan kepada setiap partisipan, industri MICE sanggup membagikan keuntungan yang besar untuk para pelakon usaha di industri tersebut. Berkembangnya industri MICE bagaikan industri baru yang mampu menguntungkan bagi banyak pihak, sebab industri MICE ini ialah industri yang kompleks serta membutuhkan banyak pihak.

    Alasan inilah yang menjadikan tingkatan perkembangan para pengusaha penyelenggara MICE bermunculan, sehingga tidak dipungkiri industri MICE bagaikan industri masa kini yang banyak diminati oleh para pelakon bisnis. Aktivitas bisnis MICE sudah membuka lapangan kerja baru, tidak hanya menghasilkan tenaga kerja musiman saja, namun juga sudah menghasilkan pekerjaan yang tetap untuk banyak warga. Indonesia dengan daerah yang strategis dan mempunyai daya tarik tertentu untuk tumbuhnya industri MICE. Disisi lain krisis ekonomi yang mengenai negara- negara maju pula ikut pengaruhi untuk pasar MICE buat memindahkan aktivitas MICE- nya di Indonesia.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Untuk mengupayakan peningkatan MICE di Indonesia ada 9 pilar strategi pengembangan destinasi MICE di Indonesia yaitu:
    Pilar 1: PENGUATAN KELEMBAGAAN MICE
    Pilar 2: PENINGKATAN AKSESIBILITAS
    Pilar 3: PENINGKATAN INFRASTRUKTUR
    Pilar 4: PENGEMBANGAN SDM DAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN
    Pilar 5: PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN PENGEMBANGAN KONSEP SUSTAINABILITY DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN MICE
    Pilar 6: PENJAMIN SAFETY & SECURITY
    Pilar 7: PENGUATAN RISET DAN STATISTIK
    Pilar 8: MEMBANGUN CITRA DESTINASI
    Pilar 9: MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN KEBERAGAMAN ALAM DAN BUDAYA DAYA TARIK DESTINASI.
    Dari kesembilan pilar tersebut dapat disimpulkan bahwa seluruh pilar-pilar strategi pengembangan destinasi MICE di Indonesia sangat penting untuk dilalukan dan dikembangkan.

    Maka harus di perbaiki terlebih dahulu hubungan antara masyarakat pelaku usaha ini dan pemerintah, karna percuma saja jika terus terusan saja pemerintah yang mengolola sendiri MICE ini. karna pelaku usaha harus terus melakukan pengembangan, apalagi di tambah dengan harapan kunjungan wisatawan terus meningkat ke tahun demi tahun, sehingga pemerintah dan pelaku usah MICE harus memikirkan strategi bagai mana harapan kunjungan itu bisa tercapai atau bahkan melebihi harapan dalam tahun tersebut, jadi kita harus bersama membangun dari infrastruktur dan juga orang" yang akan melakukan usaha MICE dan juga serta peran masyarkat yang membantu MICE ini, seperti penambahan lokasi, itu bisa melalui pengembangan program 10 Bali Baru dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. "MICE itu quick win", orang yang datang ke acara internasional pasti memberikan pengaruh sehingga jadi promosi gratis Indonesia



    RizkyAhmadSholeh
    018.02.065
    Hotel FastTrack (semester4)

    BalasHapus
  58. Airen Ditha Suharty
    18.02.068
    Fast Track Hotel semester 4

    Dengan begitu beragam nya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, sangat cocok sekali jika kita sebagai bangsa Indonesia lebih mengutamakan sektor pariwisata sebagai lokomotif perekonomian Indonesia. Apalagi dengan semakin banyak nya bisnis MICE sekarang ini di masyarakat Indonesia yang memberikan lebih banyak pendapatan dibandingkan dengan wisatawan biasa nya, sehingga lebih menguntungkan lagi bagi para pelaku pariwisata. Semakin banyak pula kawasan pariwisata yang mulai di perbaiki dari segi infrastruktur ataupun yang lainnya untuk memudahkan dan membuat nyman para pengunjung yang datang ke tempat pariwisata tersebut. Selain itu banyak juga hotel hotel di Indonesia yang dibangun ataupun di perbaharui untuk menunjang kegiatan pariwisata di Indonesia. Begitu banyak nya daya tarik dari negara Indonesia membuat Indonesia mampu bersaing dengan negara negara lain nya dalam bidang pariwisata. Dan bidang pariwisata ini pun sangat menjajikan bagi para pelaku pariwisata tersebut. Sehingga sekarang ini banyak kegiatan MICE yang di lakukan dan Indonesia menjadi tuan rumah dari kegiatan tersebut.

    BalasHapus
  59. Stephania Aurel Kristyanto
    2018.02.039
    Fasttrack perhotelan F&B
    semester 4

    Pariwisata indonesia pantas untuk menjadi tulang punggung perekonomian nasional, Karena perkembangan wisatawannya pun dapat meningkat. Tidak hanya wisatawan tetapi perekonomian pun dapat meningkat dan dapat membantu perekonomian masyarakat kecil, Indonesia pun bisa jadi surganya MICE dunia. Banyak kota di Indonesia yang berpotensi kuat jadi lokasi MICE tingkat Internasional karena Indonesia mempunyai banyak tempat yang menarik dan keren untuk berfoto-foto, melaksanakan meeting atau hanya sekedar refreshing. Ada beberapa tempat wisata MICE di Indonesia yaitu Bandung, Solo, Yogya, Surabaya, Manado, Makassar, Medan dan Bali. Wisata MICE ini dapat mendatangkan wisatawan hingga berkalilipat. Tetapi masih ada beberapa lokasi yang belum maksimal untuk dikunjungi, dan kita harus membuat strategi promosi yang menarik dan unik untuk para wisatawan dengan cara memperbaiki sarana dan prasarana agar wisata MICE dapat meningkat pengunjung lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Ada beberapa cara untuk menjadikan wisata MICE menjadi meningkat, yaitu:

    1. Menerapkan dan meningkatkan 7 sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, kenangan)
    2. Membuat promo-promo menarik dan unik
    3. Meningkatkan kenyamanan untuk wisatawan
    4. Menambah fasilitas yang kurang
    5. Menjadikan suasana kekeluargaan terhadap tamu (tetapi masih ada batasan)

    BalasHapus
  60. Mengetahui pariwisata indonesia sangat potensial dengan keragaman budaya dan bahasa nya, dengan keindahan alam dan suku-suku nya, dengan keramah tamahan dan murah senyum manusianya, sayang sekali jika sektor pariwisata tidak di maksimalkan dengan baik dalam melakukan kegiatan promosi nya agar mencapai target sesuai jumlah yang di tentukan pemerintah dan agar memperkuat perekonomian indonesia melalui devisa negara yang di hasilkan dari wisatawan mancanegara, dengan kebutuhan promosi untuk pariwisata indonesia peran MICE berkontribusi tinggi secara ekonomi dan promosi karena sejumlah kegiatan besar dunia menjadi bukti kepercayaan masyarakat dunia untuk melakukan aktivitas MICE sehingga pertumbuhan ekonomi,stabilitas politik dan keamanan yang semakin membaik akan menarik banyak investor asing maupun lokal untuk berinvestasi di indonesia baik sebagai penyelenggara ataupun sebagai peserta.

    Raden Aulia
    17.03.022
    Perjalanan wisata
    Semester 6

    BalasHapus
  61. pariwisata merupakan salah satu industri raksasa dunia yg mendorong pertumbuhan sektor ekonomi paling cepat. MICE juga memiliki peran penting bagi pariwisata di indonesia juga di dunia,karena indonesia memiliki beragam flora dan fauna yg menjadikan ciri khasnya. Banyak wisatawan yg datang hanya untuk menikmati keindahan alam yg sangat kaya ini, sekarang tinggal aspek dari manusia dan pemerintah untuk meningkatkan MICE di Indonesia harus bekerja sama dalam memenuhi keinginan wisatawan tersebut agar MICE dapat berkembang dengan baik di Indonesia.

    Salsa Hafielda
    1802082
    Perhotelan reguler Sem 4

    BalasHapus
  62. Sudah tidak diragukan lagi jika Indonesia memiliki keragaman flora, fauna dan beragam biota laut, bahkan flora dan fauna langka pun bisa ditemukan di Indonesia. Indonesia juga menjadi negara sebagai pemilik keindahan alam terbanyak, mulai dari Gunung hingga keindahan pantai. Sudah banyak keindahan alam Indonesia yang menjadi tujuan wisata masyarakat Indonesia itu sendiri bahkan sampai tourist Asing yang datang untuk menikmati keindahan alam Indonesia ataupun hanya untuk mencari flora dan fauna yang ada di Indonesia. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pontensi yang dimiliki Indonesia karena kurangnya pengetahuan yg dimiliki masyarakat. Hal ini membuat banyak tempat menarik dan indah yang belum diketahui tourist, selain kurangnya informasi, akses jalan menuju lokasi pun masih sangat sulit untuk di tempuh/lewati hal ini menjadikan kendala bagi para tourist untuk berkunjung. Disinilah peran penting Mice dalam pengembangan Wisata Indonesia, dengan pendekatan kepada masyatakat dan memberikan pengajaran dan pengetahuan menjadikan masyarakat sadar akan potensi yg dimiliki Negaranya. Ini bisa menjadikan banyak tempat wisata baru bermunculan dengan pengelolaan yg masyarakat lalukan dan menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan wisata


    Nama : Desna M Romadhon
    NPM : 1802060
    Semester : 4 Hotel Reguler

    BalasHapus
  63. Kita jadi sadar bahwa alam indonesia sangat indah dan memiliki banyak budaya ,harus terus di lestarikan agar bisa mewarisi ke generasi selanjutnya
    Dampak besar bisnis MICE dapat dilihat dari perolehan devisa pariwisata dengan diadakannya sejumlah kegiatan konvensi internasional skala besar seperti PATA Travel Mart dan Global Climate Change yang berhasil diadakan di Indonesia pada 2010.

    Nama: kevin zidni takia
    Npm : 18.02.100

    BalasHapus
  64. Kita tau bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki wisata yang sangat indah dan memiliki banyak suku daerah. Maka dari itu Indonesia sangat rentan di kunjungi oleh warga asing dikarenakan banyaknya keindahan yang ada di indonesia, dari muali budaya, wisata keluarga dan wisata bisnis. Di berbagai daerah pasti memiliki keunikan masing masing, Indonesia sangat kaya akan budaya. Sangatlah tidak aneh jika mendengar warga asing banyak yang berlibur ke Indonesia.

    Reynaldi Surya Maulana
    18.02.026 (Room)
    Perhotelan Reguler Semester 4

    BalasHapus
  65. Ya bener banget indonesia itu kaya dengan wisata , dan mempunyai beragam budaya, bahasa, agama, hingga flora fauna dan banyak lagi sektor patiwisata salah satunya produk pariwisata adalah MICE. MICE biasanya adalah 'influencer' sehingga bisa jadi promosi gratis bagi pariwisata Indonesia ke depannya . oleh karna itu untuk promosi kedepanya indonesia harus mempunyai strategi semisal MICE jenis apa yang ingin didatangkan ke Indonesia. Paling tidak dalam waktu lima tahun sudah terukur baik dari sisi bidding hingga persiapan yang bisa dilakukan lebih awal.untuk mendukung MICE, Indonesia memerlukan venue lebih banyak . Paling tidak sebagian destinasi itu sudah punya fasilitas MICE bertaraf internasional . "Wisatawan yang datang untuk tujuan MICE memiliki kelebihan dibanding wisatawan biasa, yaitu mereka umumnya adalah opinion leader yang berasal dari kalangan pengusaha, profesional maupun pemerintahan, yang melakukan kegiatan pada saat low-season.Untuk mencapai target tersebut,Indonesia menerapkan strategi yang signifikan terkait dengan peraturan, anggaran pemasaran dan promosi, serta pengembangan infrastruktur dan destinasi. Indonesia misalnya telah sangat proaktif dalam menarik wisman untuk datang ke Indonesia dan menjelajahi berbagai destinasi pariwisata yang bertajuk "Wonderful Indonesia".


    Fadjarkharel
    18.02.063
    Fasttrack akom (ROOM)
    Semester 4

    BalasHapus
  66. Abdullah Habibie
    18.020.10
    Fasttrack Boga Sem 4

    Seperti yang dibahas pada thread diatas yang mana Indonesia memiliki 10% dari jenis keaneka ragaman bunga nya, saya Sebagai salah satu yang terjun di Bidang usaha Tanaman hias dan landscape merasa sangat diuntungkan dengan Keaneka ragaman tumbuhan di Negri kita ini , Dan kebetulan saya tinggal Di daerah Agrowisata Tanaman hias, dan seiring berkembang nya daerah agrowisata dan semakin meningkatnya pengungjung ke Daerah Agrowisata di tempat saya semakin banyak bermunculan usaha-usaha seperti penginapan, tempat rekreasi dan restoran yang membuat daerah Agrowisata di daerah saya semakin maju dan berkembang berkat bertambah lengkap nya fasilitas yang tersedia, dan membantu membangun Perekonomian masyarakat setempat ditambah , karena dengan semakin banyak nya pengunjung, semakin banyak tempat wisata, hotel dan restoran, maka Penyerapan tenaga kerja dapat lebih banyak. Mungkin Dengan perkembangan kedepan nya, Daerah saya bisa dijadikan sebagai tempat penyelenggaran MICE yang memiliki fasilitas lengkap, yang memenuhi standard internasional dan suatu saat dapat menjadi Daerah wisata yang maju dari segi fasilitas dan SDM nya.

    BalasHapus
  67. Indonesia, memiliki banyak keunggulan di bidang pariwisata dibanding negara- negara lain di dunia, iklim tropis yang hangat, memiliki garis pantai terpanjang no 2 di dunia, memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang membuat banyak sekali tempat-tempat yang sangat menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Namun dari semua keunggulan itu masih banyak kekurangan kita dalam mengelolanya, seperti yang disebutkan di atas dari infrastuktur, keamanan, kenyamanan dan kebersihan bukannya tidak baik namun kurang berkualitas. Pemerintah telah berupaya untuk menaikan kualitas industri pariwisatanya terbukti dengan meningkatnya turis asing yang datang dalam satu tahun mencapai lebih dari 30% . Namun pemerintah tidak bisa bergerak sendirian, warga sekitar dan insan pariwisata pun harus ikut membantu agar terjadi sinergi yang dapat membuat kekurangan - kekurangan tersebut menjadi teratasi. Wisata tidak hanya identik dengan jalan-jalan, namun sekarang ini setengah dari wisatawan merupakan wisatawan MICE. Dan wisatawan mice rata-rata menghabiskan biaya 70% lebih banyak dari wisatawan biasa dan keluarga. Betapa sangat menguntungkannya bisnis di bidang mice ini. Hanya saja tinggal fasilitas dan infrastruktur yang perlu ditingkatkan untuk mendukung kegiatan MICE. Sangat banyak sekali tempat wisata di Indonesia bahkan satu kota bisa memiliki lebih dari 100 tempat wisata namun tidak semua tempat bahkan tidak semua kota dapat menjadi tempat diselenggarakannya MICE, terlebih penyelenggaraan MICE berskala besar baik nasional maupun internasional. Jika kita semua dapat melirik betapa pasar MICE ini sangat besar dan menguntungkan tugas kita adalah membantu membangun dan membuat pasar MICE ini menjadi dapat dilakukan dimana saja kapan saja, dengan cara merancang & membangun fasilitas yang memadai serta sumber daya yang berkualitas.


    Juniarto Kustari
    18.02.003
    Fast Track Boga
    Semester $

    BalasHapus
  68. MICE adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi Indonesia baik pariwisata atau untuk devisa negara. Seperti yang sudah dijelaskan di atas indonesia memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang bisa di jadikan sumber daya tarik pariwisata yang dapat mendatangkan wisawatan baik mancanegara ataupun domestik, upaya yang harus di lakukan adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia yang ada di sekitar tempat pariwisata tersebut, agar Ekonomi daerah nya juga berkembang dan budaya tidak hilang oleh wisatawan yang datang dan memberikan kesan yang baik bagi wisatawan yang datang dan tidak merasa kecewa dan kembali lagi ke Indonesia

    Julian alifianto
    Ft perhotelan smt4
    1902069

    BalasHapus
  69. Fajar Muhammad F6 April 2020 pukul 05.25

    Fajar Muhammad Fauzan
    1802013
    Hotel Reguler Semester 4

    MICE di indonesia merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang. Devisa Negara yang didapat dari MICE sendiri mempunyai persentase yang besar. Belum lagi dari segi pariwisata di indonesia yang sangat membantu sektor MICE sendiri. Keunikan dan keberagaman dari seluruh aspek pariwisata di indonesia merupakan keuntungan bagi negara. Kolaborasi antara wisata-wisata dan MICE akan menciptakan konsep baru. Dengan begitu tidak akan adanya konsep yang monoton, contohnya hanya sekedar menikmati pemandangan alam, bisa di dikolaborasi kan dengan event MICE yang juga akan lebih menguntungkan.

    BalasHapus
  70. Indonesia merupakan negara kepulauan dimana banyak sekali ragamnya, keindahan alam, dan juga keunikan menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, dari segi pariwisata di Indonesia sudah berkembang dari sektor MICE. Kolaborasi MICE dan destinasi akan menjadi hal yang bagus dimana bisa menjadikannya jadi 1 dan mendapatkan keuntungan bagi negara dan penduduk di sekitarnya, namun itu semua mungkin tidak bisa berjalan lancar tanpa kerjasamanya dengan masyarakat agar senantiasa menjaga, merawat destinasi yang ada di daerahnya dan di kemas menjadi produk yang bagus sehingga daya tarik wisatawan tinggi tentunya sangat menguntungkan.

    Ali Akbar Nugroho
    1802092
    Hotel reguler semester 4

    BalasHapus
  71. Indonesia memanglah sebuah negara yang memiliki berbagai macam budaya, kekayaan alam dan wisata yang menarik. Dimana pariwisata merupa sektor perekonomian utama di indonesia salah satunya wisata MICE. Apalagi pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), wisata MICE menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan untuk melakukan kunjungan ke Indonesia. Namun sangat disayangkan daerah-daerah di Indonesia sepenuhnya belum siap untuk menyambut wisata MICE tersebut. Masih banyak daerah yang belum siap secara infrastruktur, akomodasi maupun SDM yang profesional. Padahal wisata MICE memiliki dampak yang besar untuk perekonomian Indonesia kedepannya. Maka dari itu perlu dilakukan upaya peningkatan pada wisata MICE, antara lain:
    1. Melakukan persiapan pada daerah-daerah yang di unggulkan sebagai destinasi wisata MICE
    2. Melakukan peningkatan pada aksesbilitas yang ada
    3. Melakukan peningkatan infrastruktur sehingga Indonesia memiliki infrastruktur yang memadai demi mendukung peningkatan wisata MICE
    4. Melakukan pengembangan SDM dan meningkatkan kualitas pelayanan
    5. Menjaga dan mempertahankan keberagaman yang ada sebagai daya tarik bagi wisata MICE

    YONATHAN KUSNANDAR
    18.02.29
    Perhotelan Reguler Semester 4

    BalasHapus
  72. Indra Maulana
    FT Perhotelan Sem 4
    18.02.036

    Dilihat dari artikel itu kita mengetahui bahwa Indonesia memiliki banyak keunggulan di bidang pariwisata dibanding negara- negara lain khususnya asia tenggara. Dengan begitu beragam nya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sangat cocok sekali jika kita sebagai bangsa Indonesia lebih mengutamakan sektor pariwisata sebagai lokomotif perekonomian Indonesia. Apalagi dengan semakin banyak nya bisnis MICE sekarang ini di masyarakat Indonesia yang memberikan lebih banyak pendapatan dibandingkan dengan wisatawan biasa nya, sehingga lebih menguntungkan lagi bagi para pelaku pariwisata. Seharusnya pemerintah bisa lebih mendatangkan banyak lagi wisatawan jika infrastruktur,aksebilitas,keamanan,dan kualitas terjamin ditingkatkan sehingga wisatawan yang mendatangi Indonesia memberikan rating bagus terhadap Indonesia dan itu menarik untuk mengajak wisatawan lainnya datang ke Indonesia. Dan pemerintah harusnya memanfaatkan media promosi digital karena melalui digital kita bisa menjangkau secara global. Tetapi dengan menghasilkan banyak keuntungan dari destinasi wisata alam yang ada di Indonesia kita sebagai warga negara dan khususnya pemerintah harus lebih memperhatikan kelestarian alam tersebut dan harus menjaganya karena itu semua titipan tuhan yang dititipkan kepada warga negara indonesia, jangan hanya menikmati keuntungannya saja.

    BalasHapus
  73. Mutiara Sakura Hanna
    18.02.059
    Fast track Room sem 4

    Jika dilihat dari thread diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia sangat kaya akan keragaman Flora, Fauna, Budaya, Wisata, Bahari , dll.
    Itu semua dapat dimanfaatkan untuk menambah daya tarik pariwisata baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang berkunjung di Indonesia dan tentunya sangat menambah keuntungan untuk Indonesia dari Reputasi dan Devisa tentunya.
    Bisnis MICE tentunya sangat menguntungkan bagi Indonesia, karena biasanya wisatawan MICE lebih elegan dan Royal. Kita sebagai pelaku pariwisata tentunya harus bisa memanfaatkan kekayaan Indonesia yang sangat melimpah, dengan selalu memberikan kesan baik terhadap wisatawan agar "words of mouth" yang diberikan positif bukan negatif.
    Dan dari memanfaatkan tersebut, kita juga harus bisa menjaga nya. Jangan hanya memakai lalu merusaknya.
    Dan ada beberapa upaya untuk meningkatkan bisnis MICE di Indonesia, diantaranya:
    a. meningkatkan fasilitas dan infrastruktur agar memberi kesan nyaman kepada wisatawan.
    b. mengelola sumber daya manusia maupun alam agar dapat mensejahtrakan semua pihak.
    c. meningkatkan relasi ke berbagai negara.
    d. menerapkan budaya Indonesia yang begitu unik, itu juga sebagai ajang promosi.
    Sekian dan Terimakasih🙏

    BalasHapus
  74. Nama : Meidina Anbar
    NPM : 18.02.023
    Prodi : FT. Perhotelan semester 4

    Berdasarkan dengan apa yang ditulis, Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Indonesia diwarisi beraneka ragam budaya dan tradisi yang dapat dijadikan daya tarik wisata. Indonesia sangat berpotensi dalam pengembangan MICE, terutama telah didukung oleh falisitas hotel, food and beverage service, hiburan dan rekreasi, daya tarik wisata, sumber daya manusia dan sebagainya yang berkualitas dan berkompeten dalam menyelenggarakan international event seperti MICE, namun pihak pemerintah pusat dan daerah perlu untuk segera memfokuskan dan merealisasikan penataan infrastruktur, transportasi dan tourist attractions yang semakin menarik, berkualitas dan bertaraf internasional. Selain itu penting rasanya untuk mendukung potensi daerah, mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, kebijakan pemerintah dalam mendukung industri MICE, dan memenuhi keinginan pasar. Diharapkan adanya kegiatan promosi dan pengenalan potensi industri MICE di daerah - daerah seluruh Indonesia, sehingga akan membantu terselenggaranya kegiatan MICE. Perlu adanya peningkatan kapasitas pemenuhan SDM yang handal dalam pengelolaan MICE dengan memberikan pelatihan yang intensif bagi para pelaku wisata di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  75. Azyra salsabila
    Npm : 1802088
    Perhotelan regular semester 4

    Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalan pariwisata Indonesia. Salah satu penentu perkembangan dunia pariwisata di suatu daerah adalah terbukanya daerah itu terhadap pertumbuhan pariwisata di tingkat lebih luas, baik nasional maupun internasional. Di Indonesia, peningkatan kepercayaan dari dunia internasional terhadap negara ini sebagai tujuan wisata yang menarik mendorong tumbuhnya bisnis MICE. Pengembangan kualitas pariwisata Indonesia diharapkan semakin baik dari tahun ke tahun maka dunia pariwisata tak terlepas dari industri yang berperan penting dalam pelaksanaan dan perkembangan pariwisata. Indonesia adalah negara yang berpotensial dalam pengembangan industri pariwisata, selain alam dan budaya yang menjadi pusat perhatian dunia. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam bidang pariwisata, menjadikan nilai tambah dalam pengembangan industri di Indonesia. Maka dari itu untuk meningkatkan bisnis MICE di Indonesia kita perlu meningkatkan aksesibilitas dan infrastruktur, pengembangan SDM dan peningkatan kualitas pelayanan, membangun citra destinasi wisata, dan menjaga serta mempertahankan keberagaman alam dan budaya daya tarik destinasi itu sendiri.

    BalasHapus
  76. Menurut saya, Indonesia sangat menarik sekali karena kita memiliki berbagai ras, adat,budaya,dan hal-hal lainnya. Di berbagai ragaman tersebut kita bisa mengembangkan daerah-daerah yang memiliki keberagaman tersebut menjadi suatu tempat wisata dan hal tersebut dapat berdampak pada ke dua belah pihak yaitu warga sekitar dan pendatang. Tetapi untuk tetap mengembangkan daerah wisata tersebut pemerintah harus memperlihatkan fasilitas, aksebilitas, kemanan dan kebersihan di tempat tersebut agar lebih tertata dan terjamin sehingg pendatang pun merasa puas. Di era sekarang untuk tempat wisata yang dapat di jadikan tempat penginapan, pemerintah dan pengelola yaitu pemesanan tiket secara online sampai ke hal-hal lainnya karena di era ini masyarakat lebih memilih fasilitas digital. Kita sebagai bagian dari pariwisata harus mensadarkan betapa pentingnya pariwisata untuk perkembangan negara, karena negara kita sangat berpotensi besar di bidang pariwisata, untuk mensadarkan betapa pentingnya hal tersebut kita harus memberikan pendidikan dan kesadaran pentingnya pariwisata sejak dini sehingga disaat mereka tumbuh dewasa mereka dapat merawat dan mengembangkan pariwisata di Indonesia .

    Jordan Marvel
    18.02.005
    Hotel reguler(smt4)

    BalasHapus
  77. Indonesia memang sangat sudah terkenal dengan istilah "Negara Megabiodiversitas" atau negara yang kaya akan flora, fauna dan biota lautnya.
    Yang sudah pasti menarik banyak perhatian dari wisatawan mancanegara. Dan salah satu produk dalam pariwisata nya itu adalah MICE.
    Mie sendiri menjadi salah satu hal yang paling menguntungkan untuk Indonesia. Selain untuk pemerintah juga berdampak kepada warga Indonesia yang berada di sekitaran wilayah MICE contohnya, untuk pedagang pedagang kecil yang usahanya terbantu karena kedatangan turis dari mancanegara yang akan membawa oleh-oleh untuk keluarganya di sana, tukang kebun yang diminta untuk mendekor kawasan sekitaran MICE agar lebih cantik juga para industri jasa yang tempatnya akan dijadikan penyelenggaraan untuk MICE.
    MICE di Indonesia akan cepat berkembang dan semakin bagus jika Pemerintah bisa mengajak warga juga mengajarkan warga tentang keuntungan berada atau menjadikan salah satu daerahnya menjadi kawasan MICE.
    MICE akan berjalan dengan sangat mudah juga akan semakin berkembang hingga mencapai target wisatawan yang hingga 17 juta bila pemerintah bisa mengedukasi kepada masyarakat sekitar yang akan membuat daerahnya menjadi kawasan MICE. Karena selain nama baik negara menjadi harum karena komentar positif yang di berikan wisatawan dari mancanegara perekonomian warga di daerah tersebut juga terbantu. Karena komentar positif yang ditinggalkan para wisatawan mancanegara akan menarik wisatawan mancanegara yang lainnya untuk membuat acara MICE di Indonesia

    Annisa fatharani putri
    18.02.062
    D3 Perhotelan Ft. Room

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Reggy fajar
    Npm : 1802050
    Fasttrack room semester 4

    Indonesia memiliki beragam kekayaan alam dan budaya. Sehingga itulah yang menjadi farkor utama dalam Pariwisata Indonesia. Pariwisata telah menjadikan salah satu komoditas yang digunakan untuk menggenjot pendapatan devisa negara. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan sarana dan prasarana pariwisata serta adanya inovasi dibidang pariwisata. SDM adalah salah satu faktor dalam bidang pariwisata untuk mengembangkan industri di Indonesia. Peran pemerintah dan daerah memang sangat penting dalam mengembangkan industri MICE. Untuk meningkatkan bisnis MICE dalam pariwisata Indonesia ini dapat dilakukan sebagai berikut :
    1. Memperhatikan aksesibilitas dan infrastruktur.
    2. Mengembangkan SDM dan kualitas pelayanan.
    3. Menjamin safety dan security
    4. Membangun cutra destinasi
    5. Menjaga serta mempertahankan alam dan budaya daya tarik destinasi.

    BalasHapus
  80. Potensi pariwisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan sehingga dapat dikembangkan menjadi sebuah objek wisata. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kekhasan serta keunikan tersendiri. Segala bentuk keunikan ini membuat Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Menurut saya, Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau sekitar 17.504 buah. Hampir setiap pulau-pulau ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Jika dikelola dengan baik maka akan dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia yakni sekitar 99.093 km. Pantai-pantai di Indonesia sangat Indah bahkan beberapa pantai sudah terkenal hingga ke mancanegara seperti Pantai Kuta, Pantai Pangandaran, Pantai Pink, Gili Trawangan, dan lain-lain. Apabila pantai-pantai yang lain juga dikelola dengan baik maka potensi paraiwisatanya pun akan semakin besar. Selain pulau dan pantai, Indonesia masih memiliki banyak potensi wisata alam yang lain seperti wisata bawah laut, wisata pegunungan, dan sebagainya. Selain itu juga Indonesia memiliki keanekaragaman suku, adat-istiadat, makanan khas, peninggalan sejarah, dan juga kerajinan. Setiap suku di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing seperti bahasa, adat-istiadat, makanan khas. Keanekaragaman ini merupakan potensi pariwisata yang sangat besar karena hanya terdapat di Indonesia dan tidak ada di tempat lain. Apabila potensi kebudayaan ini dikelola, dikemas, dan dipromosikan dengan optimal tentu akan meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia. Tak Hanya Potensi alam dan budaya saja, menurut saya Manusia juga salah satu potensi wisata melalui pertunjukan seni berupa tarian, pertunjukan, dan juga pementasan seni budaya. JIka dikelola dengan baik makan akan memberikan banyak manfaat bagi pariwisata Indonesia. Selain itu, orang-orang Indonesia dikenal sebagai orang-orang yang ramah dan penuh sopan santun di mata dunia. Keramahan yang diberikan orang-orang Indonesia dapat membuat para wisatawan yang berkunjung semakin nyaman. Kesimpulannya, potensi pariwisata Indonesia sangat besar. Apabila potensi ini dikelola dengan baik maka pariwisata akan semakin maju sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya dan bagi negara pada umumnya.

    BalasHapus
  81. Kita menjadi sadar bahwa INDONESIA merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, agama, kesenian, dan destinaasi wisata. Indonesia sebagai destinasi yang mulai
    diperhitungkan oleh pasar wisata MICE sebagai tujuan menarik. Sejumlah kegiatan besar dunia menjadi bukti kepercayaan masyarakat dunia untuk melakukan aktivitas MICE. Pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik dan keamanan yang semakin membaik, menarik banyak investor lokal maupun asing tertarik berinvestasi di Indonesia baik sebagai penyelenggara ataupun sebagai peserta. Dengan semua kekayaan tersebut INdonesia menjadi negara bisnis, apalagi dengan kemajuan teknologi kita bisa dengan mudah mengaksesnya, dari destinasi yang mainstream sampai destinasi yang terpencil sekalipun, mungkin dari semua penjelasan artikel diatas pada intinya Indonesia menjadi destinasi wisata yang berpotensi untuk menjalankan bisnis MICE, karena bisnis MICE dengan adanya pariwisata, dan adanya wisatawan yang berwisata atau hubungan antar negara akan lancar sampai kapanpun dan mungkin bisnis tersebut gakan mati atau tenggelam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Diki Ferdiansyah
      NPM : 17.03.008
      Prodi : UPW

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OLD & NEW YANG BERAKHIR PILU